Pengertian & Sejarah Pintu HPL

Desain rumah dengan elemen kayu memang kelihatan sungguh-sungguh mewah dan elegan. Tentunya, Anda semestinya jitu dan bijak dalam memilih bahan bangunan yang tepat cocok dengan budget dimiliki.

Bagi Anda yang berkeinginan mendekor rumah dengan bujet minim, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan bahan kayu olahan yang dikasih pelapis berlaminasi sebagai akhirannya, seperti High Pressure Laminates (HPL).

Apa Itu HPL?

HPL (High Pressure Laminated) adalah suatu produk pelapis luar alias penutup dengan bahan plastik sintetis berupa lembaran laminasi bertekanan tinggi. Produk ini terdiri dari sebagian lapisan antara lain, lapisan kraft yang diresapi resin fenolik (kraft paper), lapisan dekoratif (decor paper), dan lapisan laminasi jernih (overlay paper).

Lapisan-lapisan ini diproduksi di bawah tekanan dan temperatur tinggi sekitar 1000 kg per meter persegi dan temperatur 140 derajat Celcius. Lembaran laminasi ini menghasilkan material yang kuat, bendung lama, higienis serta menawarkan desain dan aplikasi yang relatif bermacam. HPL dapat diterapkan pada permukaan vertikal dan horizontal dan bisa dipanaskan untuk membentuk kontur atau lekuk tertentu tergantung pada tingkat ketebalan lembarannya. Ketebalannya sendiri tersedia mulai dari yang 0,8mm hingga dengan 1,5mm dengan dimensi panjang dan lebarnya sekitar 244cm dan 122cm.

HPL Ditemukan Pakar Asal Belgia


HPL diciptakan dan ditemukan pertama kali oleh seorang spesialis kimia asal Belgia bernama Leo Hendrik Baekeland pada 1896. Mulanya ia justru berkeinginan membuat temuan berbahan plastik sintetis sebagai pilihan isolator murah bagi peralatan listrik. Namun, siapa menyangka karena eksperimennya tersebut membuahkan hasil malahan dipakai oleh banyak orang di dunia.

f:id:Pabrikpintu:20200717161631j:plain

Sekarang kita gampang menemukan HPL dalam bermacam-macam format, dan dipasarkan dengan harga bervariasi serta berkwalitas. Namun, HPL bukan barang yang sempurna sebab gampang patah. Tentu saja ini tak akan menjadi dilema bagi konsumen yang ingin mempunyai lemari atau pintu minimalis dengan budget relatif murah klik sini.