Pengertian & Kelebihan Pintu Harmonika Menjanjikan

Tiap bahan konstruksi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam menjadi bagian komponen dari sebuah gedung, begitupun dengan kelebihan dan kekurangan pintu harmonika. Seketika apa itu pintu harmonika? bagaimana wujudnya? klk sini dan apa saja kelebihan dan kekurangan pintu harmonika? pembahasan ini akan ditunjukkan dalam beberapa topik komponen berikut :

f:id:Pabrikpintu:20200717113517j:plain

Apa itu Pintu Harmonika?
Pintu harmonika merupakan pintu yang terdiri dari beberapa material yang sangat keras melainkan bersifat fleksibel yang memiliki pola zig-zag untuk menghasilkan jalanan masuk dan keluar dari sebuah gedung memiliki keamanan yang sangat kuat. Kecuali mewujudkan gedung mempunyai keamanan yang benar-benar kuat, pintu harmonika terdiri dari pelbagai macam contoh, warna dan ukurannya sehingga membikin para desain gedung menjadi leluasa dalam menambah nilai seni bangunan melalui pintu harmonika. beberapa material yang sering dipadukan dalam pemasangan pintu harmonika ialah meliputi :

Slat daun,yakni daun pintu harmonika yang terbuat dari besi yang mempunyai bermacam jenis ketebalan. Semakin tebal slat daun harmonika, karenanya kian bagus mutu pintu harmonika yang dimiliki.
UNP,yang berfungsi untuk memperkuat dan menyeimbangi tenaga daun pintu pintu harmonika. Semakin tebal daun pintu harmonika, karenanya kian tebal pula UNP-nya.
Roda,yang berfungsi untuk melancarkan system buka tutup pintu harmonika.
Pelatuk,berperan penting sebagai pengunci pintu yang memberikan keamanan ekstra.
Rel,Berfungsi sebagai trek roda pintu harmonika yang terdiri dari 2 variasi, yaitu rel tanam atau rel tampak.
Power Lock,berperan penting sebagai gembok pintu harmonika yang terbuat dari besi yang cukup kuat.
Cat,memperindah kelihatan pintu harmonika dengan penerapan cat yang berkwalitas yang terdiri dari cat meni sebagai cat dasar dan cat warna pantas dengan keinginan.

Kelebihan Pintu Harmonika


Lebih Murah Diperbandingkan Folding Gate
Banyak yang salah pemahaman yang menyuarakan bahwa folding gate dan pintu harmonika merupakan satu benda yang sama. Meskipun keduanya mempunyai perbedaan yang sangat mencolok. Folding Gate memiliki galaran yang menyerupai harmonika, melainkan ia juga mempunyai daun pintu yang menutupi di komponen depan. Sehingga orang tidak bisa memandang ke komponen dalam bangunan. Berbeda sekali dengan harmonika yang tak mempunyai daun pintu di komponen depannya. Akibatnya orang-orang masih bisa memandang bagian dalam dari bangunan. Dari desainnya saja kita dapat mengetahui, apabila folding gate memiliki harga yang lebih mahal daripada harmonika.

Lebih Awet
Sama seperti folding gate, pintu harmonika juga terbuat dari bahan yang kuat, ialah besi dan aluminium. Kedua bahan ini diukur lebih bendung guncangan dan juga mempunyai usia pengaplikasian yang lumayan awet. Walaupun seperti itu, kedua bahan ini masih mempunyai faktor lain yang membuatnya tak gampang bertahan lama, ialah elemen cuaca penyebab korosi. Untuk itu, anda yang mempunyai pintu yang terbuat dari besi sepatutnya mengerjakan perawatan secara rutin. Memiliki mengecat badan pintu beberapa bulan sekali untuk mencegah korosi.

Anti Maling
Folding gate dan pintu harmonika, keduanya kebanyakan dijadikan bukaan untuk bangunan yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan barang berharga seperti warung emas, warung sembako, sampai gudang distributor. Harmonika sendiri juga mengambil peran untuk menjadi sekat di lobi sekolah, bukaan pada bengkel hingga sekat ruangan kantor dengan tujuan untuk meminimalisir resiko kejadian tak terduga seperti perampokan dan sebagainya. Hal ini mungkin dikarenakan pengaruh desain kedua pintu ini yang sangat kokoh dan sulit untuk diretas pihak kezaliman. Jadi bolehlah kita menjuluki kedua tipe pintu ini sebagai pintu anti maling ya.

Nilai Keindahan
Selain dipakai untuk bukaan pada bangunan-bangunan penting, terbukti pintu harmonika juga dapat gunakan sebagai desain interior yang apik. Dalam seni bangunan rumah sendiri, pintu ini juga sering kali digunakan untuk bukaan pada bagian garasi mobil. dengan jenis ukiran yang unik dan juga menarik, adakalanya banyak juga yang memakai pintu geser ini sebagai penghias dan pengaman pintu utama. Untuk mendapatkan finishing dan skor keindahan yang optimal, orang-orang sengaja membikin daun pintu dengan kaca transparan, sehingga akan tampak terang ukiran yang terbentuk dari pintu besi tersebut dari luar.